Rabu, 06 April 2011

Pembobolan Citibank 17 M, Foto MD Lebih Terkenal

Foto Melinda Dee (MD) tersangka Pembobol Citibank Rp 17 M beredar di dunia maya justru lebih menarik daripada kasus pembobolan bank itu sendiri. Mabes Polri mengumumkan seorang wanita pegawai bank swasta berinisial MD diduga melakukan penggelapan dana nasabah Citibank. Dalam dugaan kejahatan ini, penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri telah menyita sebuah mobil mewah jenis Hummer 3 Luxury Sport Utility putih B 18 DIK, serta dokumen-dokumen yang diduga sebagai bukti pencucian uang yang dilakukan pelaku.

Andika Gumilang adalah artis muda yang sempat mendampingi tersangka pembobol Citibank MD saat memasuki gedung Bareskrim Mabes Polri ternyata adalah suaminya. Andhika sempat dihadiahi mobil Hummer 3 warna putih B 18 DIK yang diberikan oleh istrinya, tersangka MD. Mobil tersebut kini disita Bareskrim Mabes Polri karena diduga dibeli dari uang milik nasabah Citibank, tempat MD bekerja.
Bukan hanya mobil Hummer 3 warna putih yang disita. Polisi juga menyita mobil Mercedes Benz milik tersangka MD (47 tahun). Selain itu, Polisi sedang mencari mobil Ferrari milik MD.
Mobil Hummer, Mercedes Benz, dan Ferrari diduga dibeli menggunakan uang nasabah Citibank, tempat MD bekerja. MD diduga mengambil duit nasabah sebesar Rp17 miliar.

Kasus Citibank.

Pembobolan Citibank yang melibatkan orang dalam sebagai warning bagi perbankan nasional. Bank berkelas internasional Citibank ternyata mampu dibobol dari dalam oleh karyawannya sendiri. Kejadian ini, membuktikan bahwa kehati-hatian dan ketaatan pada prosedur yang dibangga-banggkan bank-bank asing ternyata tidaklah terlalu hebat seperti yang digembar-gemborkan selama ini.
Apa yang terjadi di Citibank ini memang membukakan mata nasabah bahwa keamanan uang mereka tidak seratus persen aman. Pembobolan dari dalam yang dialami Citibank ini, juga menandakan bahwa Banjk Indonesia tidak mampu melaksanakan pengawasan secara ketat. Hal ini tampaknya merupakan kelemahan sistem pengawasan bank sentral.

Beberapa pengamat mengatakan, kasus Citibank ini menjadi preseden buruk bagi perbankan nasional. Namun Citibank Indonesia menjamin akan mengembalikan kerugian yang dialami nasabah yang dananya dibobol karyawan bank ini. Citibank siap mengganti dana Rp17 miliar yang digelapkan MD. Citibank tetap membuka diri untuk melakukan perbaikan dari waktu ke waktu yang bertujuan untuk menutup kesempatan melakukan kesalahan.

Citibank berkomitmen menjada standar control tertinggi. Proses kepatuhan dan control yang sangat ketat adalah sebuat keharusan, terutama dalam industry yang sangat mengutamakan kepercayaan dan kepuasan nasabah.

Kasus kejahatan perbankan atau pembobolan (fraud) sudah sering terjadi baik karena faktor eksternal maupun internal. Tetapi yang lebih sering faktor internal karena fungsi pengawasan lemah. Terjadi mulai dari LC fiktif, pembobolan kartu ATM, pembobolan rekening bank, Bank Garansi bodong dan sebagainya.
Untuk pengaruh kejahatan bank terhadap pasar modal sangat bervariasi. Jika dampak keuangannya begitu signifikan maka dapat mempengaruhi kondisi keuangan bank maka juga akan mempengaruhi sektor perbankan.

Bank Indonesia menyerahkan sepenuhnya kasus penggelapan dana nasabah yang dilakukan salah seorang karyawan Citibank ke pihak kepolisian. Menurut BI dengan kejadian pembobolan dana nasabah tersebut, Citibank perlu memperbaiki kualitas pegawainya ke depan.

Saat ini MD ditahan di rumah tahanan Bareskrim Polri, Jakarta. Polri kembali menangkap seorang wanita pelaku kejahatan perbankan, pembobolan uang nasabah Citibank Jakarta. Jadi, sudah dua pegawai Citibank yang ditangkap karena membobol bank tempatnya bekerja. D merupakan seorang pegawai Citibank dengan jabatan teller. Dia diduga turut membantu MD dalam melakukan kejahatan pencucian uang nasabah hingga Rp17 M.

Citibank didirikan pada 1812 sebagai Bank Kota New York. Pada 1894 di menjadi bank terbesar di Amerika Serikat. Pada 1902 dia mulai mengadakan perluasan ke seluruh dunia dan menjadi bank pertama di AS yang memiliki departemen luar negeri. Pada 1930 dia menjadi bank terbesar di dunia dengan lebih dari 100 cabang di 23 negara. Dia mengubah namanya menjadi The First National City Bank of New York pada 1955, dan kemudian menjadi First National City Bank pada 1962 dan menjadi Citibank pada 1976.

Citibank adalah bank AS pertama yang memperkenalkan ATM di 1970-an, dalam rangka pengurangan “teller” manusia dan memberikan akses akun 24-jam. Citibank sekarang ini adalah konsumen dan perusahaan bank dari jasa finansial raksasa Citigroup, perusahaan terbesar jenisnya di dunia. Citibank beroperasi di lebih dari 50 negara di dunia. Lebih dari setengah dari 1.400 kantornya berada di AS, kebanyakan di New York, New York, Chicago, Illinois, Miami, Florida, dan Washington, DC, dan juga di California. Bank ini juga menawarkan produk asuransi dan investasi. Mereka menawarkan pelayanan online dan merupakan salah satu yang paling sukses, dengan sekitar 15 juta pengguna.



http://mediaanakindonesia.wordpress.com/2011/03/29/pembobolan-citibank-17-m-foto-md-lebih-terkenal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer